Home

Online Cs

  Faza

RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Isi PertanyaanIsi Pertanyaan:

dhony     16 August 2010 10:44 | demak
mau tanya, untuk mata minus 1,25 apakah masih bisa ditolong tanpa operasi..dlm arti diberi terapi..

indra     15 August 2010 13:40 | jakarta selatan
assalamualaikum dok..
1.saya mau tanya bagaimana pencegahan penularan bakeri TBC bila dalam satu atap ada yang terinfeksi TBC
, sedang yang terkena penyakit tersebut orang tua saya..

2. ibu sya tersebut mempunyai gejala seperti umumnya penderita TBC tetapi ibu saya juga mempunyai keluhan jari jari tangan tidak berfungsi... apakah ini termasuk gejala TBC?

terima kasih sebelumnya dok, wasallamuallaikum ..
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Wr Wb
Mengenai pencegahan TBC yang anda maksudkan, sebenarnya bisa dicegah dengan adanya ventilasi yang baik. Sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Sinar matahari tersebut bisa mematikan kuman TBC.
Gejala jari-jari yang tidak berfungsi yang anda maksudkan, tidak termasuk gejala TB Paru.
Wassalamu'alaikum Wr Wb
Dr Shaugi Abduh, Sp.PD

Reni Friasari     15 August 2010 13:36 | Kota Mataram NTB
Ass.wr.wb....saya memiliki kakek yang kedua matanya di diagnosis sama dokter mata menderita katarak, yang saya mau tanyakan bisa gak dilakukan operasi katarak sekaligus dua mata?? atau satu mata dulu? apa alasan dilakukan operasi dua mata dan satu mata??
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Wr Wb
Pada prinsipnya, operasi katarak bisa dilakukan sekaligus dua mata. Selama tidak ada kendala biaya dan menggunakan teknik operasi phacoemulsifikasi. Tekhnik operasi ini memungkinkan tanpa jahitan sehingga komplikasi pasca operasi bisa diminimalkan.
Dengan menggunakan operasi ini, akan lebih cepat sembuh, rehabilitasi visus lebih cepat dan tidak harus rawat inap. Mengingat keuntungan-keuntungan tersebut diatas, tekhnik ini dapat dianjurkan untuk operasi katarak dua mata.
Wa'alaikum Salam Wr Wb
Dr Hj Christina Indrajati, Sp.M

nisa     14 August 2010 14:10 | semarng
apa perbedaan ggn saraf tepi dgn rematik atw ggn tulang/sendi lainnya? mksh
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Wr Wb
Gangguan saraf tepi bisa memberikan gejala berupa rasa maal, nyeri seperti ditusuk disayat, kemranyas. Bahkan seperti pada kelumpuhan bila sudah mengenai safraf motoriknya. Rematik bisa memberikan gejala salah satunya pada persendian seperti nyerui terutama saat aktivitas
Wassalamu'alaikum Wr Wb
Dr Ken Wirastuti Sp.S

nisa     14 August 2010 14:09 | semarng
apa perbedaan fobia sosial dg pemalu biasa? apa ga ada obat yg bisa membuat kita tidak pemalu n bebas melakukan apapun yg kita inginkan tnpa takut pemikiran orang? soalnya sy tdk bisa mngendalikan pikiran sy sndiri. tksh
Jawaban: Jawaban :
Assalamu'alaikum Wr Wb
Dear Sudari Nisa, Terimakasih atas pertanyaan, sebelum menjawab, saya mau tanya dulu. Nisa tidak bisa mengendalikan pikiran itu sudah berapa lama ? Lalu, seringkah Nisa merasa takut, malu bila berbicara di depan umum dan berada di keramaian ?
Nah..sekarang nari kita bahas permasalahan yang Nisa hadapi. Pada umumnya, setiap orang memang menginginkan kebebasan dalam setiap melakukan sesuatu, namun kebebasan yangn tentunya juga sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Adapun mengenai perbedaan antara fobia sosial dengan pemalu biasa adalah untuk fobia sosial termasuk dalam kategori ganguan kejiawaan jenis kecemasan. Yang termasuk dalam jenis ini adalah kecemasan yang timbul karena adanya rasa ketakutan tak rasional terhadap situasi sosial tertentu. Biasanya juga terdapat hendaya (ketidakmampuan) atau penurunan fungsi global dalam kehidupannya atau adanya hambatan terutama pada tempat sosial tertentu, misalnya : takut/ malu berbicara di depan umum, takut/malu berkenalan dan sebagainya.
Sedangkan pada pemalu biasa, biasanya karena adanya kekurangan yang ada dalam dirinya atau dalam penampilannya. Sifat pemalu ini biasanya akan mudah beradaptasi dengan cepat / normal kembali.
Pada saudari Nisa, yang juga merasa kesulitan mengendalika pikirannya bila dirasakan mengganggu , sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau psikiater terdekat. Apabila diperlukan, dokter atau psikiater akan memberikan obat golongan anti depresan dan atau antiansietas. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu saudari Nisa dalam mengatasi permasalahan yang diahadapi.
Dr Ahmadi Sp.KJ
Wassalamu'alaikum Wr Wb


1093
Pertanyaan dalam Konsultasi
« StartPrev161162163164165166167168169170NextEnd »